Pendidikan Kesehatan Jiwa Pada Tahap Perkembangan Usia Sekolah
Artikel Ilmiah
Published 2020
Ns. Eka Malfa Sari, M.kep, Sp, K.j
KARYA ILMIAH
Tahap tumbuh kembang psikososial anak usia sekolah adalah berkarya dan
mampu berkompetisi, sedangkan jika tahap tumbuh kembang ini tidak tercapai maka
anak akan cenderung menjadi rendah diri. Rasa rendah diri ini akan berakibat pada
kepercayaan diri anak dan anak akan cenderung untuk menjadi korban bully atau
kekerasan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk pengidentifikasi pengaruh
pendidikan kesehatan tentang perkembangan psikososial pada anak usia sekolah.
Metode pengabdian masyarakat ini Pendidikan Kesehatan dengan pre dan post test.
Peserta pengabdian ini berjumlah 55 siswa dan guru sebagai fasilitator dalam
pengabdian ini. Hasil dari kegiatan ini adalah terdapat peningkatan perkembangan
psikososial anak usia sekolah yang dari 78,1 % meningkat 94, 55 %. Disarankan
sekolah bersinergi dengan orang tua siswa untuk membuat program pemantauan
tumbuh kembang anak usia sekolah dalam upaya untuk menstimulasi agar tumbang
anak secara psikosisal bisa tercapai sesuai dengan tumbuh kembangnya.
Kata Kunci: Usia Sekolah; Perkembangan; Psikososial