Pengaruh Terapi Modeling Partisipan Terhadap Kemandirian Anak Dalam Toilet Training
Artikel Ilmiah
Published 2020
Ns. Yeni Devita, M.kep
KARYA ILMIAH
Toilet Training merupakan salah satu tugas utama anak pada usia toddler. Salah satu teknik
terapi perilaku pelaksanaan toilet training adalah modeling partisipan. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh terapi modeling partisipan terhadap kemandirian anak dalam
toilet training. Jenis penelitian ini Kuantitatif dengan desain quasy eskperiment dengan
rancangan pretest-postest without control group design. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel ada 24 orang. Hasil penelitian
menunjukkan nilai rata-rata kemandirian anak pada saat pre test adalah 10,2 dan nilai ratarata kemandirian anak pada saat post test adalah 11,7. Uji statistik didapatkan nilai p= value
0.000 < α (0.05). Ada Pengaruh Terapi Modeling Partisipan Terhadap Kemandirian Anak
Dalam Toilet Training. Diharapkan kepada orang tua agar senantiasa meningkatkan latihan
pada anak supaya lebih aktif dalam melakukan toilet training.
Kata Kunci : Modeling Partisipan, Toilet Training, Kemandirian Anak