Detail Karya Ilmiah

Efektifitas Metode Task Analysis Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Down Syndrome Di Slb Sri Mujinab Kota Pekanbaru

Skripsi

Published 2016

Nursyahrina

ABSTRAK

Down syndrome adalah suatu kumpulan gejala akibat dari abnormalitas kromosom 21. Berbagai macam gangguan perkembangan motorik halus yang dialami oleh anak down syndrome terutama dalam kemampuan menulis. Salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan menulis adalah metode task analysis. Task Analysis adalah proses membagi keterampilan menjadi lebih kecil, langkah-langkah yang lebih mudah dikelola untuk mengejar keterampilan sehingga metode ini lebih mudah dilakukan dan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode task analysis dalam meningkatkan kemampuan menulis pada anak down syndrome. Penelitian ini dilakukan di SLB Sri Mujinab Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 anak (6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan). Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan one group pretest posttest design. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis sebelum dan setelah diberikan perlakuan metode task analysis. Instrumen dalam penelitian ini adalah SOP metode task analysis dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisa data dapat diketahui bahwa ada perbedaan kemampuan menulis sebelum dan setelah diberikan perlakuan metode task analysis dengan nilai ? = 0.000 (? < 0>

Lihat Abstrak Lihat Bab I Lihat Daftar Pustaka