Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Mahasiswa Dengan Metode Belajar Student Centered Learning Pada Kurikulum Perguruan Tinggi (kpt) 2016
Skripsi
Published 2018
Nora Helviana
ABSTRAK
SCL (Student Centered Learning) merupakan penerapan pembelajaran yang menitikberatkan
pada mahasiswa. Dalam model pembelajaran SCL mahasiswa dituntut aktif mencari
pengetahuan sendiri terhadap pembelajaran. Kemudian ada beberapa factor yang
menyebabkan stress pada mahasiswa dengan metode belajar SCL diantaranya yaitu motivasi,
teman sebaya, dan penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor
yang mempengaruhi tingkat stress mahasiswa dengan metode belajar student centered
learning pada kurikulum perguruan tinggi (KPT) 2016. Jenis penelitian adalah kuantitatif,
bersifat deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling (sampel acak sederhana) yang
berjumlah 130 responden. Analisa yang digunakan adalah bivariat dengan uji statistik ChiSquare. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat hubungan antara masing-masing
variabel (motivasi, teman sebaya, penyesuaian diri) dengan tingkat stres dengan nilai p value
= 0,046 ? (? 0,05), 0,001 ? (? 0,05), dan 0,022 ? (? 0,05). Diharapkan pada mahasiswa agar
meningkatkan motivasi dan pertemanan dengan teman sebaya serta memiliki penyesuaian
diri yang positif sehingga memiliki koping yang efektif dalam menghadapi stress.