Detail Karya Ilmiah

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Mahasiswa Dengan Metode Belajar Student Centered Learning Pada Kurikulum Perguruan Tinggi (kpt) 2016

Skripsi

Published 2018

Nora Helviana

ABSTRAK

SCL (Student Centered Learning) merupakan penerapan pembelajaran yang menitikberatkan pada mahasiswa. Dalam model pembelajaran SCL mahasiswa dituntut aktif mencari pengetahuan sendiri terhadap pembelajaran. Kemudian ada beberapa factor yang menyebabkan stress pada mahasiswa dengan metode belajar SCL diantaranya yaitu motivasi, teman sebaya, dan penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat stress mahasiswa dengan metode belajar student centered learning pada kurikulum perguruan tinggi (KPT) 2016. Jenis penelitian adalah kuantitatif, bersifat deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling (sampel acak sederhana) yang berjumlah 130 responden. Analisa yang digunakan adalah bivariat dengan uji statistik ChiSquare. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat hubungan antara masing-masing variabel (motivasi, teman sebaya, penyesuaian diri) dengan tingkat stres dengan nilai p value = 0,046 ? (? 0,05), 0,001 ? (? 0,05), dan 0,022 ? (? 0,05). Diharapkan pada mahasiswa agar meningkatkan motivasi dan pertemanan dengan teman sebaya serta memiliki penyesuaian diri yang positif sehingga memiliki koping yang efektif dalam menghadapi stress. 

Lihat Abstrak Lihat Bab I Lihat Daftar Pustaka