Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Belajar Pada Remaja Di Sma Serirama Pekanbaru Tahun 2019
Skripsi
Published 2019
Winda
Latar Belakang : Stres belajar adalah gangguan mental atau emosional pada
semua hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Dimana
keadaan individu mengalami tekanan hasil persepsi dan penilaian tentang stressor
akademiknya. Stres belajar kadang diartikan sebagai bentuk kejenuhan dengan
rutinitas kegiatan belajar yang dilakukan siswa secara terus menerus. Tujuan
Penelitian : Mengetahui Faktor yang mempengaruhi stres belajar pada remaja di
SMA Serirama Pekanbaru tahun 2019. Metode Penelitian : Jenis penelitian
Kuantitatid dengan desain cross secsional. Jumlah populasi dalam penelitian ini
adalah 65 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik Totally sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis inivariat
(distribusi frekuensi) dan analisis bivariate (uji chi-square) Hasil Penelitian :
Variabel secara signifikan tidak ada hubungan pelajaran lebih padat (p velue =
0.985 > a 0,05) dan tekanan prestasi tinggi (p velue = 0.985 > a 0,05) dengan stres
Belajar. Kesimpulan : Variabel secara signifikan tidak ada hubungan pelajaran
lebih padat dan tekanan prestasi tinggi dengan stres belajar. Saran : Siswa
diharapkan untuk dapat bisa mencoba mengubah cara belajarnya, membuat jadwal
sehari-hari sehingga kegiatan sehari-hari tidak terasa lebih berat dan dapat
menghindari dari stres belajar.
Kata Kuci : Stres, Pelajaran lebih padat, Tekanan prestasi tinggi.
Daftar Pustaka : 14 Referensi (2009-2018)