Gambaran Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra-sekolah Di Tkaz-zahra Pekanbaru
Skripsi
Published 2018
Uci Liani
ABSTRAK
Perkembangan psikososial pada anak usia pra sekolah sudah tampak jelas, dimana
usia ini anak mempelajari dasar-dasar perkembangan psikososial sebagai
persiapan untuk memasuki kehidupan sosial yang lebih tinggi. Perkembangan
psikososial yang lengkap akan membuat anak memiliki personality yang baik,
bersikap positif, mandiri/autonomi, inisiatif, mampu bekerjasama, penguasaan ego
yang baik. Oleh karena itu, lingkungan sekitar anak pra-sekolah tumbuh dan
berkembang perlu memahami bagaimana perkembangan psikososial anak tersebut
agar dapat mendukung anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Tujuan
penelitian ini adalah untuk melihat gambaran perkembangan psikososial anak usia
pra-sekolah di TK az-zahra pekanbaru. Penelitian dilakukan terhadap 43 orang
diambil dengan teknik total sampling. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan
design deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata umur anak usia
pra sekolah di TK Az-zahra Pekanbaru adalah 4 tahun sebanyak 23 orang (53,5%),
mayoritas jenis kelamin anak usia pra sekolah di TK az-zahra Pekanbaru adalah
perempuan yaitu sebanyak 27 orang (62,8%), mayoritas anak usia pra sekolah di
TK Az-zahra Pekanbaru tingkat perkembangan psikososial yang optimal yaitu
sebanyak 26 orang (60,5%). Saran untuk penelitian selanjutnya adalah
mengembangkan lebih dalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat
perkembangan anak