Detail Karya Ilmiah

Gambaran Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra-sekolah Di Tkaz-zahra Pekanbaru

Skripsi

Published 2018

Uci Liani

ABSTRAK

Perkembangan psikososial pada anak usia pra sekolah sudah tampak jelas, dimana usia ini anak mempelajari dasar-dasar perkembangan psikososial sebagai persiapan untuk memasuki kehidupan sosial yang lebih tinggi. Perkembangan psikososial yang lengkap akan membuat anak memiliki personality yang baik, bersikap positif, mandiri/autonomi, inisiatif, mampu bekerjasama, penguasaan ego yang baik. Oleh karena itu, lingkungan sekitar anak pra-sekolah tumbuh dan berkembang perlu memahami bagaimana perkembangan psikososial anak tersebut agar dapat mendukung anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran perkembangan psikososial anak usia pra-sekolah di TK az-zahra pekanbaru. Penelitian dilakukan terhadap 43 orang diambil dengan teknik total sampling. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan design deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata umur anak usia pra sekolah di TK Az-zahra Pekanbaru adalah 4 tahun sebanyak 23 orang (53,5%), mayoritas jenis kelamin anak usia pra sekolah di TK az-zahra Pekanbaru adalah perempuan yaitu sebanyak 27 orang (62,8%), mayoritas anak usia pra sekolah di TK Az-zahra Pekanbaru tingkat perkembangan psikososial yang optimal yaitu sebanyak 26 orang (60,5%). Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengembangkan lebih dalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat perkembangan anak

Lihat Abstrak Lihat Bab I Lihat Daftar Pustaka