Hubungan Meode Pembelajaran Daring Dengan Tingkat Kepuasan Belajar Mahasiswa Di Stikes Payung Negeri Pekanbaru
Skripsi
Published 2021
Desi Apriani
ABSTRAK
Di dunia saat ini sedang marak-maraknya wabah Covid-19, akibat dari virus ini berdampak pada dunia ekonomi, sosial, dan juga dunia pendidikan. Salah satu alternative proses pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran daring dengan tingkat kepuasan belajar mahasiswa di STIKes Payung Negeri Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan studi cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 281 orang. Teknik sampling stratified random sampling. Penelitian dilakukan pada bulan Juni-Juli 2021. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Analisa yang digunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian pada hubungan metode pembelajaran daring dengan tingkat kepuasan belajar mahasiwa di STIKes Payung Negeri Pekanbaru didapatkan P value = 0,001. Peneliti merekomendasikan peneliti selanjutnya untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar.
Kata kunci : Pembelajaran Daring, Tingkat Kepuasan Belajar