Hubungan Motivasi Belajar Dan Kontrol Diri Dalam Belejar Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat I Di Stikes Payung Negeri Pekanbaru Tahun 2017
Skripsi
Published 2017
Muhammad Fakhrizalmi
ABSTRAK
Prokrastinasi adalah perilaku menunda pekrjaan atau menyelesaikan tugas dikenal dengan istilah prokrastinasi. Prokrastinasi yang terjadi dilingkungan akademik dikenal dengan istilah prokrastinasi akademik tahun 2017. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan kontrol diri dalam belajar dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat I di STIKes Payung Negeri Pekanbaru Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasi menggunakan pendekatan studi cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 167 orang mahasiswa, penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2017 di STIKes Payung Negeri Pekanbaru, alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Analisis yang digunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi square. Hasil penelitian menunujukkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik mahasiswa dan tidak ada hubungan kontrol diri dalam belajar dengan prokrastinasi akademik mahasiswa dilihat dari p value yaitu 0,001 < 0> 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam pembinaan.
Kata Kunci : Motivasi belajar, Kontrol diri dalam belajar, Prokrastinasi akademik