Hubungan Nomophobia Dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Si Keperawatan Di Stikes Payung Negeri Pekanbaru
Skripsi
Published 2020
Nadia Putri Sari
Hubungan Nomophobia Dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa
SI Keperawatan Di STIKes Payung Negeri Pekanbaru
Halaman 41+ 9 tabel + 1 skema+ 10 lampiran
ABSTRAK
Perkembangan teknologi smartphone yang semakin pesat mempermudah segala aktivitas manusia dan membuat individu khususnya mahasiswa merasa cemas bila juah dari smartphone disebut nomophobia. Penelitian dilakukan di kampus Stikes Payung Negeri Pekanbaru dikarenakan berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada 10 mahasiswa didapatkan 7 mahasiswa (70%) mengatakan merasa ketakutan, kecemasan, kegelisahan serta konsentrasi belajarnya terganggu ketika jauh dari ponsel. Tujuan penelitian ini untuk meneliti tentang hubungan nomophobia dengan tingkat konsentrasi belajar pada mahasiswa SI STIKes Payung Negeri Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teknik stratifed random sampling dengan cara pengambilan sampel menggunakan pendekatan cross sectional, dan menggunakan instrumen kuesioner nomophobia dan konsentrasi belajar. Dengan jumlah sampel 133 responden. Hasil penelitian ini dengan menggunakan uji Chi square didapatkan p value =0,000 yang artinya < 0>
Kata Kunci : Nomophobia, Konsentrasi belajar, Mahasiswa
Daftar Pustaka : 31 Referensi ( 2010-2020)