Detail Karya Ilmiah

Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Pada Siswa Sd Negeri 001 Bangkinang

Skripsi

Published 2021

Yessika Yolanda

ABSTRAK

Latar Belakang: Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang berkaitan dengan orang perorangan, kelompok perkelompok, maupun perorangan terhadap perkelompok ataupun sebaliknya. Interaksi sosial dapat terjadi jika kontak sosial secara langsung dan komunikasi verbal. Diera modern saat ini, interaksi sosial lebih sering dilakukan secara tidak langsung dengan menggunakan media atau perantara yaitu gadget sebagai alat untuk berkomunikasi. Pada zaman sekarang ini yang semua kegiatan harus dilakukan dari rumah mulai dari belajar, sekolah, bahkan bermain yang melibatkan gadget dalam semua kegiatan yang ada. Penggunaan teknologi (gadget) yang berlebihan dalam kehidupan sehari-hari sangat memengaruhi baik perilaku orang dewasa, maupun perilaku anak-anak yang merupakan peserta didik dipendidikan dasar yang tidak luput dari pengaruh penggunaan gagdet. Salah satu kemampuan anak yang terganggu adalah kemampuan dalam bidang interaksi sosial atau gangguan berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada siswa SD Negeri 001 Bangkinang. Metode: Penelitian ini bersifat kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 001 Bangkinang Kabupaten Kampar pada tanggal 19 Mei 2021. Jumlah responden 69 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan menggunakan alat instrumen penelitian kuisioner terbuka. Analisa digunakan adalah distribusi frekuensi dan uji statistik chi-square untuk menganalisa hubungan variabel. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada siswa SD (p value = 0,03; ? = 0,05). Rekomendasi: Penelitian ini merekomendasikan sekolah bisa membatasi siswa dalam menggunakan gadget saat sehingga siswa bisa lebih berinteraksi antara sesama teman dan mengurangi dampak negatif akibat penggunaan gadget yang tinggi.

Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Interaksi Sosial, Siswa

Lihat Abstrak Lihat Bab I Lihat Daftar Pustaka