Detail Karya Ilmiah

Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Di Sd Negeri 112 Pekanbaru

Skripsi

Published 2018

Dona Dwi Sari

ABSTRAK

Membantu proses pengembangan berbagai aspek perkembangan anak perlu diawali dengan pemahaman tentang perkembangan anak, karena perkembangan anak berbeda dengan perkembangan anak remaja atau orang dewasa. Perkembangan anak dapat optimal apabila orang tua memberikan perhatian dan kebutuhan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Sedangkan lingkungan yang tidak mendukung akan menghambat perkembangan sosial. Adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk mengoptimalkan perkembangan sosial-emosial pada anak usia dini, seperti memenuhi kebutuhan anak, menciptakan perilaku positif pada anak, memberikan reinforcement terhadap perilaku anak, memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih dan mengaktualisasikan kegemarannya, menjalin komunikasi dengan anak, memberikan contoh perilaku yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan perkembangan sosial usia sekolah di sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan pendekatan studi cross sectional. Populasinya yaitu seluruh anak kelas 1 di SD Negeri 112 Pekanbaru yaitu sebanyak 80 orang dengan jumlah sampel dari sebanyak 67 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accydental sampling. Berdasarkan hasil uji statistik dengan chi squaretest, maka diperoleh nilai p-value adalah 0,006 (p<0>

Lihat Abstrak Lihat Bab I Lihat Daftar Pustaka