Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Sekolah Di Sdn 005 Bengkalis
Skripsi
Published 2018
Kurnia Nuratika
ABSTRAK
Emosi memegang peranan penting dalam kesuksesan hubungan individu. Kecerdasan emosi adalah bekal terpenting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan. Masa depan anak sangat tergantung dari pengalaman yang didapatkan anak termasuk faktor pendidikan dan pola asuh orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional anak usia sekolah. Penelitian ini kuantitatif dengan desain korelasi menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan terhadap 81 responden di SDN 001 Bengkalis yang diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas pola asuh orangtua responden adalah permisif yaitu sebanyak 46 orang (56,8%) dan mayoritas responden memiliki kecerdasan emosional rendah yaitu sebanyak 57 orang (70,4%). Berdasarkan uji chi-square dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional anak usia sekolah di SDN 005 Bengkalis dengan p value = 0,004 < 0>