Detail Karya Ilmiah

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Al – Munawaroh Pekanbaru

Kti

Published 2017

Jasepri

Kemandirian adalah suatu sikap individu yang diperoleh secara kumulatif selama perkembangan, dimana individu akan terus belajar untuk bersikap mandiri dalam menghadapi berbagai situasi lingkungan, sehingga individu pada akhirnya akan mampu berfikir dan bertindak sendiri dengan kemandiriannya. Indikator anak semakin mandiri adalah ketergantungannya terhadap orang dewasa berkurang, dapat menghargai teman dan mampu menolong diri sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Kemandirian akan berkembang sejalan dengan bertambahnya usia bila ada anak yang diharapkan oleh lingkungan sudah berkembang mandiri ternyata tidak sesuai dengan tingkah laku anak seusianya, anak akan menemui kesulitan dalam mengembangkan dirinya serta menganggu penyesuaian dengan lingkungan sosialnya. Pola asuh orang tua meliputi tiga hal antara lain, pola asuh otoriter, autoriative, dan permisif. Dampak gaya pengasuh orang tua akan berbeda terhadap kemandirian anak. Melalui pengasuhan orang tua, terutama orang tua yang demokratis, anak diharapkan dapat mengembangkan kemandiriannya dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tingkat Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah di TK Al – Munawaroh Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yaitu 48 orang. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner dan DDST. Analisa yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan uji Chi – Square. Hasil uji chi – square menunjukkan Tidak Ada Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tingkat Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah di TK Al – Munawaroh Pekanbaru dengan hasil p – value > ? (0,377 > 0,1). Diharapkan bagi orang tua agar memilih dan menerapak cara pola asuh yang benar, sehingga kemandirian anak meningkat. Serta orang tua diharapkan memberikan contoh yang benar dihadapan anak untuk penelitian selanjutnya agar dapat menambah variabel yang akan diteliti. 

Lihat Abstrak Lihat Bab I Lihat Daftar Pustaka