Hubungan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (sdit) Imam Asy Syafi’i Pekanbaru
Kti
Published 2017
Junaidi
Sarapan pagi bermanfaat untuk konsentrasi belajar, mekanisme sarapan pagi yaitu
selama proses pencernaan, karbohidrat di dalam tubuh dipecah menjadi molekulmolekul gula sederhana yang lebih kecil, seperti frutosa, galaktosa dan
glukosa.Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai seseorang dalam pengusaan
pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan dalam pelajaran, lazimnya
ditunjukkan dengan tes angka nilai yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi hubungan sarapan pagi dengan prestasi belajar anak sekolah
dasar di sekolah dasar islam terpadu (SDIT) imam asy syafi’I pekanbaru. Penelitian
ini meng gunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional study. Teknik
pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah 40
responden yang telah sesuai dengan criteria inklusi. Pengukuran sarapan pagi
menggunakan kuesioner obsevasi dan wawancara. Perbedaan skor sarapan pagi di
analisis dengan uji cisquer yang digunakan untuk menguji beda mean dari 2 hasil
pengukuran pada kelompok yang sama
Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan sarapan pagi dengan prestasi
belajar anak sekolah dasar dimana hasil yang didapatkan yaitu (
).dari hasil tersebut dapat dikatan terdapat hubungan sarapan pagi dengan
prestasi belajar anak sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pilihan
alternative bagiorang tua maupun pendidikan untuk selalu membiasakan anak unuk
sarapan pagi sebelum berangkat sekolah.