Hubungan Self Control Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja Di Smpn 3 Pekanbaru
Skripsi
Published 2020
Reza Fahlefi
ABSTRAK
Game Online merupakan salah satu aktivitas hiburan yang sangat digemari banyak orang, terutama dikalangan remaja, karena game online sangat menarik. Sehingga remaja menjadi tertarik dan penasaran akan game tersebut dan rela menghabiskan waktu berjamjam untuk memainkannya. jika remaja tidak memiliki self control yang baik serta pola asuh orang tua yang salah maka akan membuat remaja menghabiskan waktu untuk bermain game online dan akibatnya remaja menjadi kecanduan game online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self control dan pola asuh orang tua dengan kecanduan game online pada remaja di SMPN 3 Pekanbaru.. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional skripsi ini disusun dari bulan januaribulan juli 2020. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumalah 80 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan menggunakan kuesioner yaitu kuesioner seilf control terdiri dari 6 item pertanyaan, dengan r alpa, r alpha=0,690 cronch bach alpha 0,756. Kuesioner pola asuh orang tua terdiri dari 30 item, dengan nilai r hitung (0,718 > 0,361), crocnbach alpha 0,730, dan kuesioner kecanduan game online terdiri dari 15 pertanyaan, dengan r hitung paling tinggi 0,786 > 0,361 reliabilitas diperoleh 0,923. hasil analisis uji chi-square didapatkan hasil untuk variabel hubungan self control dengan kecanduan game online pada remaja diperoleh nilai p=0,043 maka disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara self control dengan kecanduan game online, nilai OR=0,278 artinya remaja yang self control negatif mempunyai peluang 0,278 kali untuk kecanduan game online dibanding remaja yang self control positif, dan hasil analisis uji chi-square variabel hubungan pola asuh orang tua dengan kecanduan game online pada remaja diperoleh nilai p value = 0.000 (< 0>