Hubungan Status Gizi Terhadap Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Di Sdn 006 Terpadu Kubang Jaya Pekanbaru
Kti
Published 2017
Resky Novita Sari
Gizi buruk pada anak usia muda membawa dampak anak sukar berkonsentrasi,
rendah diri, dan prestasi belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini Untuk
mengetahui Hubungan Status Gizi terhadap Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah di
SDN 006 Terpadu Kubang Jaya Pekanbaru Jenis penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif desain korelasi menggunakan pendekatan cross sectional.
Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 44 responden. Teknik sampling yang
digunakan yaitu teknik Accidental Sampling. Alat ukur yang digunakan adalah
IMT dan nilai rapor. Analisa yang digunakan adalah Chi – Square. Hasil uji
statistik Chi – Square diperoleh nilai p – value < ? (1,000> 0,1) dan ini
menunjukkan bahwa tidak ada hubungan status gizi terhadap prestasi belajar anak
usia sekolah di SDN 006 Terpadu Kubang Jaya Pekanbaru. Disarankan bagi
tempat penelitian, terutama kepada guru – guru untuk terus memotivasi anak
didiknya dalam proses pembelajar agar meningkatnya prestasi belajar yang telah
mereka raih.