Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Pra Sekolah Di Rw 05 Kelurahan Balik Alam Duri Riau
Skripsi
Published 2020
Sabilla Aulianisak
Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Pra Sekolah di Rw 05 Kelurahan Balik Alam Duri Riau
xii + 37 halaman + 8 tabel + 2 skema + 7 lampiran
ABSTRAK
Pengembangan kreativitas anak harus diberikan stimulasi dari mulai usia dini, sehingga anak akan bisa untuk berfikir kreatif, karena dengan kreativitas dapat membuat manusia menjadi berkualitas dalam hidupnya. Berdasarkan fenomena yang didapatkan, kreativitas yang dimiliki anak pada umumnya masih rendah, permasalahan ini disebabkan karena media pembelajaran yang kurang menarik, sehingga membuat anak bosan dan kurang dapat memunculkan ide kreatifnya. Permainan adalah kegiatan menyenangkan yang dilaksanakan untuk kepentingan kegiatan itu sendiri, seperti seni. Dalam berbagai kegiatan seni terhadap banyak kesempatan yang dapat mengembangkan kreativitas anak, salah satunya kegiatan finger painting untuk mengembangkan kreativitas anak. Finger Painting merupakan kegiatan melukis menggunakan jari yang dilakukan dengan cara mencelupkan tangan ataupun jari ke cat pewarna lalu mengoleskan di atas kertas sampai membentuk sebuah hasil karya (goresan, lukisan). Melalui kegiatan finger painting tersebut anak diberi kesempatan untuk mengeksplorasikan kekreatifan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di Rw 05 Kelurahan Balik Alam Duri Riau. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Quasy Experiment “post test-only control” dengan uji pairet t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji statistik untuk kegiatan finger painting terhadap kreativitas anak diperoleh nilai p value = 0,000 < 0>
Kata kunci : Finger Painting, Kreativitas, Anak Usia Dini
Daftar pustaka : 32 Referensi (2010-2019)