Pengaruh Terapi Modeling Partisipan Terhadap Kemandirian Anak Dalam Toilet Training Di Klinik Santo Yosef Duri
Skripsi
Published 2019
Tianni Parida Sitorus
ABSTRAK
Toilet Training merupakan salah satu tugas utama anak pada usia toddler. Anak usia toddler harus mampu mengenali rasa untuk mengeluarkan dan menahan eliminasi serta mampu mengkomunikasikan sensasi BAK dan BAB kepada orangtua. Salah satu macam teknik terapi perilaku pelaksanaan toilet training adalah modeling partisipan, karena teknik modeling partisipan memberi contoh sebuah perilaku yang akan diubah, sehingga kecemasan klien selama ini terhadap perilaku baru akan berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi modeling partisipan terhadap kemandirian anak dalam toilet training. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan desain quasy eskperiment dan rancangan penelitian pretest-postest without control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel ada 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemandirian anak dalam toilet training pada saat pre test adalah 10,2 dengan standar devisiasi 2,32, dan nilai rata-rata kemandirian anak dalam toilet training pada saat post test adalah siswa 11,7 dengan standar devisiasi 2,98. Uji statistik didapatkan nilai p= value 0.000 < ? (0.05) artinya ada Pengaruh Terapi Modeling Partisipan Terhadap Kemandirian Anak Dalam Toilet Training Di Klinik Santo Yosef Duri. Diharapkan kepada orang tua agar senantiasa meningkatkan latihan pada anak supaya lebih aktif dalam melakukan toilet training. Umur dan karakteristik jenis kelamin mempunyai pengaruh terhadap daya tangkap dan pola pikir seseorang. Semakin bertambah usia akan semakin berkembang pula daya tangkap dan pola pikirnya serta diharapkan mampu mempraktikan. Anak perempuan dan laki-laki menunjukan tanda-tanda untuk kesiapan dilatih toilet training pada usia yang bersamaan. Tapi, anak perempuan dapat memulai dan juga menyelesaikan toilet training lebih awal daripada anak laki-laki.