Perbedaan Masalah Psikososial Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Smp Negeri 12 Pekanbaru
Skripsi
Published 2021
Valencia Sandra Hutapea
ABSTRAK
Adanya virus COVID-19 di Indonesia saat ini berdampak bagi seluruh masyarakat. Dampak virus COVID-19 terjadi diberbagai bidang seperti sosial, ekonomi, pariwisata dan pendidikan. Akibat pembelajaran daring dan luring menyebabkan siswa-siswi yang dievaluasi selama periode pandemi menunjukkan tingkat kecemasan, depresi, dan stres yang jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan para siswa pada masa normal. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan masalah psikososial pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid 19 di SMP Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Penelitian ini sudah mendaptkan izin dari sekolah SMP Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian dilakukan dibulan Juni – Juli, Jumlah sample yang didapatkan subyek penelitian ini sebanyak 95 siswa- siswi kelas 8 dan 90 siswa-siwi kelas 7 SMP Negeri 12 Pekanbaru dengan menggunakan teknik menggunakan teknik total sampling. Dalam penelitian ini digunakan instrumen berupa kuisioner tingkat stres DASS-42 (The Depression, Anxiety, and Stress Scale- 42 Item) yang telah diuji validitas dan realibilitas. Analisis yang digunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan uji statistic T-Independent. Hasil penelitian didapatkan P value = 0,000 atau P < 0>