Detail Karya Ilmiah

Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Via Telemedicine Dan Datang Langsung Di Rumah Sakit Santa Maria Pekanbaru

Skripsi

Published 2021

Presti Sinaga

ABSTRAK

Di era pandemic Covid-19 saat ini, penerapan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak menjadi kendala pasien untuk dapat informasi yang jelas dari pelayan kesehatan. Telemedicine adalah teknologi yang memungkinkan pasien berkonsultasi dengan dokter secara privat, tanpa harus bertatap muka secara langsung. Kepuasan pasien saat melakukan kunjungan rawat jalan secara langsung dengan melakukan telemedicine jelas berbeda, namun masing-masing pelayanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi pelayanannya. Tujuan dari penelitian untuk melihat perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat jalan via online (telemedicine) dibanding datang langsung di Rumah Sakit Santa Maria Pekanbaru. Desain yang digunakan adalah komparatif. Sample berjumlah 30 sample yang diambil secara purposive sampling. Instriment menggunakan lembar kuesioner. Analisa data menggunakan uji Mann Whitney. Hasil menunjukan hampir separuhnya berumur 46-55 tahun (40,0%), lebih dari separuh berjenis kelamin laki-laki (60%), tingkat pendidikan responden paling banyak yaitu perguruan tinggi (46,7%), pekerjaan responden paling banyak yaitu swasta (30%), tingkat kepuasan pasien responden yang datang langsung paling banyak Cukup Puas yaitu (80%), tingkat kepuasan pasien responden yang telemedicine paling banyak Cukup Puas (93,3%). Hasil uji mann whitney didapatkan nilai p=0,045 yang berarti nilai p < 0>

Lihat Abstrak Lihat Bab I Lihat Daftar Pustaka